TANAMAN JAGUNG

Fisiologi dan Klasifikasi Jagung. Syarat Tumbuh Jagung yaitu :

Umumnya tanaman jagung (Zea mays L) memiliki daya adaptasi yang baik di derah tropis seperti di Indonesia. Tanman ini dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik didataran rendah sampai dataran tinggi (pengunungan) yang berketinggian  1800 mdpl (Rukmana, 1997).

Untuk iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanman jagung (Zea mays L) antara lain adalah curah hujan > 1200 mm (S1), suhu 20 – > 26 oC dan penyinaran. Intensitas cahaya matahari merupakan faktor penting  untuk pertumbuhan tanaman jagung selama pertumbuhannya harus mendapat cahaya matahari yang cukup. Tanaman yang ternaungi pertumbuhannya terhambat dan memberikan hasil yang kurang baik ( Sotoro dkk, 1998).

Penanaman jagung (Zea mays L) umunya dilakukan dilahan kering (tegalan) danlahan basa (sawah). Tanaman jagung di lahan kering umumnya dikaitkan dengan pola tanam yang sesuai pada derah setempat. Sementara  peneneman jagung di lahan sawah umumnya dilakukan pad musim kemrau setelah panen tanaman padi. Tanaman jagung mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai jenis tanah (Rukmana, 1997).

Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman jagung harus mempunyai kandungan hara yang cukup. Tersedianya air dan zat makanan di dalam tanah sangat menujang proses pertumbuhan tanaman hingga produksi. Kemasaman tanah yang cocok adalah pada pH tanah 6,0 – 7,0 (S1) dengan salinitas < 2 mmhos/cm (Djaenuddin, 1994).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s