KACANG HIJAU

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau sebagai tanaman Palawija

Kacang hijau merupakan tanaman tropis yang menghendaki suasana panas selama hidupnya. Tanaman ini dapat ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 700 m (5 – 700 m dpl). Di daerah dengan ketinggian di atas 750 m dpl produksi kacang hijau menurun.

Tanaman ini dapat tumbuh baik pada suhu udara optimal antara 25 – 270C. Tanaman ini menyukai daerah yang memiliki kelembapan udara antara 50 – 89%. Selain itu, tanaman ini memerlukan cahaya matahari lebih dari 10 jam/hari.

Daerah yang memiliki curah hujan 50 – 200mm/bulan merupakan daerah yang baik untuk budidaya tanaman ini. Curah hujan tinggi menyebabkan tanaman mudah rebah dan terserang penyakit.

Jenis tanah yang dikehendaki kacang hijau adalah tanah liat berlempung atau lempung yang mengandung bahan organic tinggi, memiliki tata air dan udara yang baik. Jenis tanah yang dianjurkan adalah ultisol, latosol, dan lahan sawah menjelang penanaman padi pada musim kemarau. Keasaman tanah yang diperlukan untuk tumbuh optimal, yaitu pH tanah antara 5,8 – 6,5. Tanah dibawah pH 5,8 perlu diberikan pengapuran.

5 comments on “KACANG HIJAU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s