PUPUK N-P-K

PUPUK NP

Ammo-Phos dengan rumus kimia NH4H2PO4 (mono ammonium fosfat) dengan kadar unsure hara Amphos A 11 % N + 48 % P2O5 (larut dalam air), Amophos B 16,5 % N + 20 % P2O5 (larut dalam air). (Hardjowigeno, 1992).

PUPUK NK

Jarang digunakan, misalnya kalium nitrat KNO3 dengan kadar 13 % N + 44 % K2O, Potazote (13-0-22) yang bereaksi masam, sendawa kali (13-0-44) yang bereaksi netral, Nitrapo (15-015) yang bereaksi basa. (Hardjowigeno, 1992).

PUPUK PK

Pupuk ini juga jarang digunakan, misalnya kalium metafosfat dengan kadar    60 % P2O5 + 40 % K2O. mono kalium fosfat dengan kadar 52 % P2O5 + 34 % K2O.

PUPUK NPK

Pupuk majemuk yang mengandung tiga unsure sekaligus (NPK) disebut pupuk lengkap, contoh dari pupuk ini adalah pupuk NPK dari jerman yaitu Rustica Yellow dengan rumus kimia NH4 NO3 – NH4 H2 P-O4-KCl dengan kadar unsur hara  15 % N + 15 % P2O5 + 15 % K2O. yang sifatnya berupa butiran-butiran berwarna kekuning-kuningan.

KANDUNGAN UNSUR HARA PADA PUPUK DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN

1. Pupuk Urea [(CO (NH2)2]

Urea merupakan pupuk buatan hasil persenyawaan NH4 (ammonia) dengan CO2. Bahan dasarnya biasanya berupa gas alam dan merupakan ikatan hasil tambang minyak bumi. Kandungan N total berkisar antara 45-46 %. Dalam proses pembuatan Urea sering terbentuk senyawa biuret yang merupakan racun bagi tanaman kalau terdapat dalam jumlah yang banyak. Agar tidak mengganggu kadar biuret dalam Urea harus kurang 1,5-2,0 %. Kandungan N yang tinggi pada Urea sangat dibutuhkan pada pertumbuhan awal tanaman. (Ruskandi, 1996).

2. Pupuk SP 36 (Superphospat 36)

SP 36 merupakan pupuk fosfat yang berasal dari batuan fosfat yang ditambang. Kandungan unsur haranya dalam bentuk P2O5 SP 36 adalah 46 % yang lebih rendah dari TSP yaitu 36 %. Dalam air jika ditambahkan dengan ammonium sulfat akan menaikkan serapan fosfat oleh tanaman. Namun kekurangannya dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi kerdil, lamban pemasakan dan produksi tanaman rendah. (Hakim, dkk, 1986).

3. Pupuk NPK (Nitrogen Phospate Kalium)

Pupuk NPK merupakan pupuk majemuk yang mengandung unsur hara utama lebih dari dua jenis. Dengan kandungan unsur hara Nitrogen 15 % dalam bentuk NH3, fosfor 15 % dalam bentuk P2O5, dan kalium 15 % dalam bentuk K2O. Sifat Nitrogen (pembawa nitrogen ) terutama dalam bentuk amoniak akan menambah keasaman tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman.(Hardjowigeno, 1992).

4. Pupuk KCl (Kalium Klorida)

Pembuatan pupuk KCl melalui proses ekstraksi bahan baku (deposit K) yang kemudian diteruskan dengan pemisahan bahan melalui penyulingan untuk menghasilkan pupuk KCl. Kalium klorida (KCl) merupakan salah satu jenis pupuk kalium yang juga termasuk pupuk tunggal. Kalium satu-satunya kation monovalen yang esensial bagi tanaman. Peran utama kalium ialah sebagai aktivator berbagai enzim. Kandungan utama dari endapan tambang kalsium adalah KCl dan sedikit K2SO4. Hal ini disebabkan karena umumnya tercampur dengan bahan lain seperti kotoran, pupuk ini harus dimurnikan terlebih dahulu. Hasil pemurniannya mengandung K2O sampai 60 %. Pupuk Kalium (KCl) berfungsi mengurangi efek negative dari pupuk N, memperkuat batang tanaman, serta meningkatkan pembentukan hijau dan dan dan karbohidrat pada buah dan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Kekurangan hara kalium menyebabkan tanaman kerdil, lemah (tidak tegak, proses pengangkutan hara pernafasan dan fotosintesis terganggu yang

pada akhirnya mengurangi produksi. Kelebihan kalium dapat menyebabkan daun cepat menua sebagai akibat kadar Magnesium daun dapat menurun. Kadang-kadang menjadi tingkat terendah sehingga aktivitas fotosintesa terganggu.

5. Pupuk Kompos

Kandungan pupuk kompos adalah bahan organik yang mencapai 18 % bahkan ada yang mencapai 59 %. Unsur lain yang dikandung oleh kompos adalah nitrogen, fosfor, kalsium, kalium dan magnesium. Manfaat bokhasi pada lahan pertanian yaitu : mampu menggantikan dan mengefektifkan penggunaan pupuk kimia (anorganik) sehingga biaya pembelian pupuk dapat ditekan, bebas dari biji tanaman liar (gulma), tidak berbau dan mudah digunakan dan memperbaiki derajat keasaman tanah, selain itu sangat berguna untuk menyuburkan tanaman. (http : // www. Pupuk Kompos. Go. Id).

TINGKAT KELARUTAN PADA PUPUK DAN PENGARUHNYA PADA TANAH DAN TANAMAN

1. Pupuk Urea [(CO (NH2)2]

Pupuk Urea sangat mudah larut dalam air, nitrogen dalam bentuk amida pada umumnya terdapat dalam pupuk Urea mudah larut dalam air. Dalam tanah amida segera berubah menjadi ammonium karbonat. Karena memiliki konversi (perubahan) tersebut nitrogen mudah hilang tercuci. Pupuk Urea juga memiliki sifat higroskopis, sudah mulai menarik uap air pada kelembaban nisbi udara 73 %. Pengaruhnya terhadap tanah yaitu bila diberikan pada lahan yang miskin hara akan berubah ke wujud atau bahan awalnya yaitu ammonia dan karbondioksida yang mudah tercuci oleh air hujan atau irigasi dan mudah terbakar sinar matahari. Pengaruhnya bagi tanaman yaitu sangat penting dalam pertumbuhan awal karena pada urea terdapat kandungan N yang tinggi.

Komentar
  1. Herdandu, ST mengatakan:

    Saya tertarik dengan usaha pembuatan pupuk, terutama pembuatan NPK granul dan pupuk organik. Jika bisa saya ingin mendapatkan informasi mengenai teknologinya dan aplikasinya. Terima kasih

  2. stefanus mengatakan:

    Saya ingin meminta bahan teori tentang pupuk anorganik lebih jauh lagi, untuk digunakan di tempat kuliah, bisakah anda membantu saya. Jika anda mengetahui artikel tentang pupuk anorganik tsb, di alamat web mana saya bisa mendapatkannya?(jika ada tolong kirim via email). Terimakasih atas blog yang anda buat.

  3. ober mengatakan:

    saya sedang penelitian tambang kalium alam dan menjumpai batuan dengan unsur hara K 8,59%.apakah sudah dapat ditambang dan bagaimana untuk dapat mencapai unsur K 15%?dan bagaimana proses produksi sampai layak untuk dikelola.terimakasih

  4. yusuf sugiyono mengatakan:

    tani muda…yth,thanks bngets informasinxa ini sangat bermanfaat bagi kami kaum petani pinggiran yg sngat perlu dan membutuhkan pengetahuan dibidang tecno pertanian…salam dari kami dan bantulah kami untuk memajukan kaum petani yang terpinggirkan dinegri ini…salm taruna tani

  5. Andang mengatakan:

    Terimakasih atas informasinya saya baru belajar bertani skarang tinggal di gunung kidul lagi tanam jagung 1kg pupuk apa saja yg di gunakan dan dosisnya.

  6. Mahdi Anzala mengatakan:

    Salam

    Apa bisa di bantu untuk cara,alat dan bahan apa saja untuk pembuatan Pupuk NPK.

    skala perbulan 200 sampai 500ton.

    Thanks

  7. Achmad Syarifudin mengatakan:

    Dear,

    kami mencari :
    1. 500 Kg, Pupuk NPK, Merk: 5555 or 15-15-15 (Bass), Kemasan: Karung Plastik, Isi Kemasan: 50 Kg.

  8. srii mengatakan:

    terima kasih atas informasinya, blog anda bagus..

  9. yoga mengatakan:

    kpd yth : tani muda
    salam kenal dari saya yoga, maaf mas mhon bantuan ats referensinya, kebetulan saya dpt tugas dri org tua sy untuk mncari info ato pngetahuan dibidang pertanian n lbih spesifiknya utk masalah pupuk.
    alangkah lbih enak,detail n nyamannya komunikasi kita smoga mas yg cerdas ini bermurah hati bisa mmberikan nomber kontak yg bisa sy hubungi lngsung via tlp.
    moga mas berkenan mmbantu sy. trimz
    yoga 085721614244

    • pupuk cair ZPT generasi baru mengatakan:

      Ingin hasil max ditanaman anda
      gunakan selalu pupuk cair ZPT generasi baru sebagai pengganti pupuk urea.terbukti meningkatkan hasil panen
      jika anda butuh pupuk cair generasi baru,berapa pun kami siap…harga terjangkau perbotol 50rb/btl/liter atau hub. 087808088072

  10. yoga mengatakan:

    dear : tani muda
    salam, dengan sgala hormat sy mmbutuhkan prtolongan mas wahyu atas referensi’nya mengenai pertanian lebih spisifiknya masalah pupuk, utk itu supaya lebih jelas sy mohon mas yg baik hati ini berkenan mluangkan wktunya utk bsa ngobrol lgsg via tlp dgn sy.^_^ trimz

    sy mnta no tlp yg bisa dihubungi mass……
    yoga 085721614244

  11. jacky muchtar mengatakan:

    kami memerlukan NPK cap Beruangdengan merk fernikal di prod jawa timur, tolong infonya. tks

  12. jacky muchtar mengatakan:

    jacky muchtar memerlukan NPK Fernikal, tlg infonya ke zacky.muchtar@yahoo,com
    tks

  13. eko sarwanto mengatakan:

    Bagaimana cara mengetahui keasaman tanah……
    dan bagaimana keadaan tanah bila mengunakan pupuk NPK dalam waktu jangka panjana

    Terimakas

  14. Annisa Rahmany mengatakan:

    saya punya pupuk organik yang bagus dan teruji kualitasnya,
    silakan hubungi 08562257771

  15. cv. surya mekar sari mengatakan:

    maaf saya ingin mempromosikan website serta produk kami http://www.suryamekarsari.tk
    kami produsen pupuk organik, pupuk NPK ber SNI dan Pengada dan Pengedar bibit tanaman bersertifikat, silahkan mengunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut, terima kasih

  16. erni mengatakan:

    Sip. Thanks menambah ilmu

  17. Kebun Sawit mengatakan:

    saya perlu pupuk NPK Fertimix. Saya dengan pabriknya di Bogor , ada yang tahu alamatnya atau no Telp / HP pengurusnya?

  18. Kebun Sawit mengatakan:

    Untuk pohon sawit yang berumur 2 tahun, saya berikan Biost, NPK.
    Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, pupuk apakah yang harus saya berikan dan periodenya kapan saja?

  19. yunita mengatakan:

    saya bisa dijelaskan mengenai pupuk NPK dan aplikasinya ke tanaman, mohon penjelasannya

  20. MHD Abduh Idik mengatakan:

    saya sangat tertarik atas cara produksi NPK untuk swasembada pupuk majemuk sendiri maupun dikomersialkan ke pasar

  21. Arief Sukamto mengatakan:

    Kami produsen pupuk NPK Organik menawarkan peluang bisnis untuk menjadi mitra kami sebagai Agen dan Distributor wilayah Sumatera Utara dalam memasarkan pupuk organik granule dan powder cap Gajah.
    Surat izin Bupati Asahan : No.503/ SITU/BPP/J002/VII/2008
    Surat izin Departement Kehakiman : No.C-626 HT.03. OI-Th.2004
    Hasil Analisa Laboratorium SUCOFINDO : No 04338/AGACAB

    Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:
    ARIEF SUKAMTO
    CV FAIZ CITRA NUSANTARA
    Mobile: 081382890542
    Email: ariefsukamto73@gmail.com

  22. Muhammad Sukri mengatakan:

    terima kasih infonya pupuk NPK, semoga bisa juga menampilkan cara konversi kebutuhan pupuk anorganik seperti urea, sp36 dan KCl dalam bentuk N, P dan K

  23. kholil mengatakan:

    saya produsen pupuk npk, sp36 , kacl, dan pupuk organik granul. kapasitas produksi 10.000 ton/bulan. juga melayani permintaan urea non subsidi. hubungi kholil. telp. 081233055510

  24. zacky mengatakan:

    Kami agent pupuk, NPK,TSP,KCL,ZA.Urea

  25. Rusprasita Yulistyaningrum mengatakan:

    Ada ralat sedikit terkait artikel kandungan unsur pupuk dan manfaatnya bagi tanaman pada pupuk SP 36, yang benar kandungan P2O5 nya 36 %. Sedangkan TSP yang 46%

  26. Jacky Muchtar mengatakan:

    kami agent pupuk bermerk di Indonesia seperti pupuk NPK<KCKZA UREA jika anda berminat silahkan hubungi kami :
    HP 081320369976.

  27. owieq mengatakan:

    Kpd yth : tani muda
    salam kenal, saya owieq dari jawa timur’
    skr kami sedang tanam pepaya skitar 150 pohon’ sudah umur 3 bulan’
    yang ingin kami tanyakan bagaimana caranya agar bisa berbuah banyak, manis dan besar2,
    pupuk dan obat2an apa yg harus kami gunanakan’ tolong kami minta infonya karna kami masih pertama kali tanam pepaya dan masih belajar’ sebelumnya kami ucapkan trima kasih atas info dan bantuannya’
    wassalam : owieq….

    • faiz mengatakan:

      owieq:menurut saya,pastikan tiap dua minggu sekali tanaman anda di suplay dengan kompos dari kotoran kambing karena punya kadar kalium yang tinggi untuk pembuahan,juga dibarengi dengan hormon dengan cara semprot,saya punya produknya,dan berani menjamin,keunggulan dengan obat lain.
      sekian faiz am.hub.087880004125

  28. owieq mengatakan:

    Kpd yth : tani muda
    salam kenal, saya owieq dari jawa timur’
    skr kami sedang tanam pepaya skitar 150 pohon’ sudah umur 3 bulan’
    yang ingin kami tanyakan bagaimana caranya agar bisa berbuah banyak, manis dan besar2,
    pupuk dan obat2an apa yg harus kami gunanakan’ tolong kami minta infonya karna kami masih pertama kali tanam pepaya dan masih belajar’ sebelumnya kami ucapkan trima kasih atas info dan bantuannya’
    wassalam : owieq.

    • owieq mengatakan:

      mana ko gak ad jawaban……..

    • pupuk cair ZPT generasi baru mengatakan:

      Untuk hasil tanaman anda menghasilkan meningkat,gunakan selalu pupuk cair ZPT generasi baru sebagai pengganti pupuk urea,terbukti meningkatkan hasil panen
      harga terjangkau,berapapun anda butuhkan..kami siap…/ hub produsen 087808088072

  29. Keong Racun mengatakan:

    Yth: TANI MUDA..
    Sy cman mw tanya,,, dpatkah Pupuk Urea dn TSP D campur ,,??? Untk pemupukan kakao,. Trimah ksh bnyak penjelsanya.

  30. Anton mengatakan:

    Bagaimana cara pembayaran nya. Karna saya membutuhkan kcl mahkota 1200 ton. Kalau cocok hrg bs kita ambil. Ini no hp sy 082167727777. Antonio johan di riau

  31. owieq mengatakan:

    ko’ ga ada jawaban ya..?

  32. Arlin Hart mengatakan:

    Saya juga tertarik dong untuk belajar cara pembuatan pupuk. Bisa bergabung kah ? Mohon infonya Mas. Tks. Salam

  33. Saya ingin bertanya apa manfaat penggabungan pupuk urea dan NPK yang dijual paket bersama-sama ?

  34. Bolekah saya mendapat keterangan penggunaan pupuk urea dengan penggunaan pupuk NPK. Bagaiman teknik penggunaannya ?

  35. albertlubis mengatakan:

    pupuk yang baru harus di keluarkan

  36. albertlubis mengatakan:

    bagaimana cara pembuatan ikan jambal ikan

  37. albertlubis mengatakan:

    jenis-jenis pupuk yang baru

  38. albertlubis mengatakan:

    hari ini lebih baik dari hari yang kemarin

  39. syaharuddin mengatakan:

    Saya membutuhkan pupuk NPK Briket dimana saya bisa mendapatkannya

  40. wardana mengatakan:

    Dimana saya bisa mendapatkan kalium metafosfat, biasanya dijual dengan kisaran harga berapa?

  41. anisa ika pratiwi mengatakan:

    bisa tolong dijelaskan mengenai pupuk NPK dan aplikasinya ke tanaman, mohon penjelasannya

  42. eko mengatakan:

    salam sejahtera,saya eko dari sulsel (Bone) mau tanya dimana bisa mendapatkan pupuk NPK cap beruang dan berapa harga persaknya?trims sebelumnya.

  43. pupuk mengatakan:

    informasi pupuknya cukup berguna.
    terima kasih

    bersama-sama majukan pupuk
    indonesia :)

  44. pupuk mengatakan:

    Salam kenal dari Toko pupuk Online.

    informasi tentang pupuk NPK yang menarik.
    semoga anda makin sukses

    mari gunakan pupuk NPK
    terbaik dan pupuk NPK hasil putra-putri indonesia :)

  45. MUHAMMAD ALI RIDHO mengatakan:

    salam kenal ass wb’nama saya ali ridho distributor tunggal enzim detaab aktivator baceman yang berfungsi sbg pupuk cair untuk pembenah tanah,sehingga tanaman tidak puret,kerdil,putien,fungsi lain baceman adalah sebagai perangsang tumbuh dan perangsang buah apabila di campur dengan telur ayam kampung.dan apabila memakai baceman secara kontinyu bisa mengurangi pupuk an organik 60% dari pemakaian sebelumnya.dengan memakai baceman hasil produksi tanaman semakin banyak,besar,manis dan bobot.serta tahan lama tidak mudah busuk.INFORMASI LEBIH LANJUT HUB 085 231 371 214/085 655 424 344/0321 717 262 7 KAMI JUGA MEMBUTUHKAN AGEN UNTUK TECNOLOGI ENZIM DETAB INI.

  46. soni mengatakan:

    Apakah sifat pupuk KCl mudah menguap bila terkana panas matahari seperti urea?

  47. febriantuncrus mengatakan:

    untuk sodara herdandu ST bisa mengunjungi blog saya bertaniorganik.blogspot.com kami berusaha untuk mengembangkan bahan2 pupuk organik dari alam sekitar kita! dan pupuk ini sudah digunakan di daerah sumatera barat (bukit tinggi) untuk admin, mohon ijin untuk menyertakan link blok saya di sini, terima kasih

  48. topan mengatakan:

    pupuk apa yang baik untuk mengembalikan sifat biologi,fisik,dan kimia tanah?

  49. jac mengatakan:

    oke

  50. arif mengatakan:

    bagaimana cara menaikkan kadar Nitrogen, kadar Fosfor, kadar Kalium masing2 sebesar 20% pada pembuatan pupuk organik buatan (pabrikan) yang terbuat dari murni 100 % bahan baku organik sehingga dalam aplikasinya tidak perlu lagi menggunakan pupuk NPK kimia (anorganik) dan tanaman tetap menghasilkan produksi yg luar biasa melimpah ???
    mohon di share ke email saya di : arifardy111@yahoo.com
    terima kasih banyak atas sharenya

  51. husain mengatakan:

    Informasi yang sangat berguna, thanks

  52. choirul anwar mengatakan:

    Kami menawarkan segala macam pupuk non subsidi ke bapak achmad,

  53. kris wanto mengatakan:

    maaf bagi yg mau pupuk organik dan hormon tanaman unggul kunjungi di web.www.jimmyhantu.cpm.krn kandungan K saat ini paling tertinggi sampai 72% asli anak bangsa indonesia,asli dari seragen jawa tengah.semoga bermanfaat yo aaahhhh belajar menjadi petani organik.

  54. kris wanto mengatakan:

    maaf salah ketik maksudku http://www.jimmyhantu.com salam petani organik

  55. Muzafar mengatakan:

    pupuk apa yang baik kita gunakan untuk tanaman kakao???

  56. Muhamad Revi mengatakan:

    Kami CV Erlima Brothers menyediakan pupuk npk yang berkualitas dan terjangkau untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi blog kami, atau telp 08151866148/081381778623

  57. Kevin mengatakan:

    Kak, dosis penggunaan pupuk NPK untuk tanaman semangka itu berapa ?

  58. Wahana Nur Nashila mengatakan:

    Trm kasih postingan yg bermanfaat buat kami. Nunut info : Butuh pupuk Majemuk, mengandung unsur hara makro mikro, aktivator dan protein? Hub kami distributor DIY jateng : Sumunar No hp : 081804260349/ 081328070349.

  59. Ir. Nicolas D Agan mengatakan:

    saya jual pigmen red harga murah tipe S 129 ex cina hubi 085232832517 Ir Nicolas D Agan

  60. April mengatakan:

    Asslmkm..
    boleh tau tentnag pupuk urea, saya mencari kandungan fisika dan kimia pupuk urea..
    mungkin bisa membantu referensi buku apa yg hrs sy baca..

  61. bambang yulian tachinardi mengatakan:

    ada yang tau nggk bgaimama langkahyang tepat pemupukan pada tanaman blewa agar hasil panen melimpa?

  62. Nur Arifah Yuniati mengatakan:

    Kapan pupuk itu dibutuhkan

  63. Cendana Putih mengatakan:

    Yang di maksud di artikel ini sudah terkandung di Pupuk Organik Cair CENDANA PUTIH. Sudah di uji di 4 kec kab Ciamis. Hasilnya luar biasa.
    SEKALI DI COBA TETAP DI SUKA.
    Pemesanan Hub 081 313 973 459

  64. Muhamad Revi mengatakan:

    Apakah anda sedang membutuhkan pupuk NPK murah, berkualitas dan tidak merusak tanah?

    Apabila iya maka pupuk npk caping tani adalah jawabannya.

    Telp 08151866148

  65. Rafik Van Houten mengatakan:

    Mas update tentang penggunaan dosis PUPUK NPK mutiara pada tanaman kacang hijau, dosis anjurannya untuk 1 hektar brapa?

  66. Rafik Van Houten mengatakan:

    Mas update tentang penggunaan dosis PUPUK NPK mutiara pada tanaman kacang hijau, dosis anjurannya untuk 1 hektar brapa? sekian mohon dibalas

  67. padhil mengatakan:

    as’ wr wb…perkenalkan nama saya padhil dr aceh…sy mau tanya…..bgm cara pemupukan yg benar utk tanaman jagung agar menghasilkan tongkol maksimal di lahan persawahan…sblmnya trmksh

    • Al Askari mengatakan:

      Untuk Menanam jagung di persawahan pertama pilih benih unggul misalnya Jagung Hibrida Pioneer ? atau terkhusus Pioneer 21 dan Pioneer 27 bisa di tanam dengan Jarak 75 cm x 25 cm, jarak 75 cm ke samping kiri dan kanan dan jarak 25 cm depan dan belakang, pemupukan pertama di sarankan NPK dan pemupukan ke dua dan ketiga di UREA saja, terima kasih

  68. padhil mengatakan:

    hp 081269977170

  69. padhil mengatakan:

    di aceh di tmpt sy tinggal lg asyik nya masyarakat menanam jagung…jd mungkin ada teman2 distributor yg mau menjadi mitra …

  70. padhil mengatakan:

    di aceh di tmpt sy tinggal lg asyik nya masyarakat menanam jagung…jd sy bs menjadi penyalur bibit atau pupuk…trmksh

  71. Sentra Organik mengatakan:

    PT. Natural Nusantara menyediakan pupuk organik / pakan organik, yaitu :
    – POC NASA (250 cc, 500 cc, 3 liter)
    – POP SUPERNASA (250 gr, 3 kg)
    – SUPERNASA GRANULE (10 kg)
    – HORMONIK (100 cc, 500 cc)
    – POWER NUTRITION (250 gr, 500 gr, 3 kg)
    – TON ( Tambak Organik Nusantara ) (250 gr, 3 kg)
    – VITERNA (500 cc)
    – GREENSTAR (60 gr)
    – PESTONA (500 cc)
    – METILAT Plus (100 cc)
    – BINTANG TANI (1 ltr)

    Ket : POC = Pupuk Organik Cair , POP = Pupuk Organik Padat

    Dan dalam pengendalian hama & penyakit / obat serangga alami, yaitu :
    – PENTANA (100 ml)
    – GLIO (100 gr)
    – BVR (100 gr)
    – VITURA (1 box)
    – VIREXI (1 box)
    – CORRIN (100 gr)
    – Perekat AERO-810 (250 cc)

    Produk NASA sudah terbukti hebat dan ampuh dan ini dibuktikan dari berbagai kesaksian oleh :
    – Pertanian : Padi , Jagung , Tomat , Terong , Kentang , Melon , Semangka , Kacang Tanah , Kedelai , Kacang Panjang , Tembakau , Nilam , Ginseng , Pohon Jarak , Anggur , Kobis , Cabai / cabe , Jeruk , pepaya , Pisang , Strawberry , Bawang Merah , Mentimun , Tebu , Rumput Laut , Panili , Lada , Jamur Tiram , dll
    – Perkebunan : Kelapa Sawit , Durian , Mangga , Kopi , Kelapa , cengkeh , Kakao , Jamur Tiram , Jabon , sengon , dll
    – Peternakan : Sapi , Kambing , Ayam , tokek , kelinci , dll
    – Perikanan & tambak : Lele , bandeng , udang , nila , ikan mas , cupang , dll

    KETERANGAN :
    1. PT. NASA menggunakan sistem pemasaran melalui Distributor Resmi NASA
    2. Kami adalah Distributor Resmi NASA dengan ID NASA : N-384436
    3. Kami melakukan pemasaran ke seluruh wilayah Indonesia, dan berikut data kami :
    – Kantor Distribusi kami beralamat di Jl. Magelang Km. 11.5, Sleman, DI Yogyakarta
    – Telp/SMS/WA : 0878-4572-1530
    – PIN BB : 763272F0
    – Kunjungi : naturalnusantara[dot]org

    INFORMASI :
    – Kami Distributor Resmi NASA wilayah Yogyakarta.
    – Harga silahkan hubungi kami
    – Bisa sekedar konsultasi langsung ke nomor kami (lebih mudah menggunakan WA atau BBM)
    – Dengan senang hati menerima kedatangan Anda langsung ke kantor PT. NASA Yogyakarta.

    Terimakasih

  72. Keunggulan Pupuk Majemuk dan Pupuk Tunggal

    Definisi pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman sehingga mampu tumbuh dengan optimal. Bahan pupuk dapat bersumber dari bahan organik ataupun non-organik (dari mineral alam). Pupuk berbeda dari suplemen. Pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sementara suplemen seperti hormon tumbuhan membantu kelancaran proses metabolisme. Banyak orang tidak sadar betapa pentingnya pupuk bagi tanaman mereka. Padahal, tidak semua tanah atau media tanam yang mereka olah untuk tanaman mereka mampu menyediakan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.
    Pupuk berdasarkan sumber bahan
    Dilihat dari sumber pembuatannya, terdapat dua kelompok besar pupuk: (1) pupuk organik atau pupuk alami (bahasa Inggris: manure) dan (2) pupuk kimia atau pupuk buatan (Ing. fertilizer). Pupuk organik mencakup semua pupuk yang dibuat dari sisa-sisa metabolisme atau organ hewan dan tumbuhan, sedangkan pupuk kimia dibuat melalui proses pengolahan oleh manusia dari bahan-bahan mineral. Pupuk kimia biasanya lebih “murni” daripada pupuk organik, dengan kandungan bahan yang dapat dikalkulasi. Pupuk organik sukar ditentukan isinya, tergantung dari sumbernya; keunggulannya adalah ia dapat memperbaiki kondisi fisik tanah karena membantu pengikatan air secara efektif.
    Pupuk berdasarkan bentuk fisik
    Berdasarkan bentuk fisiknya, pupuk dibedakan menjadi pupuk padat dan pupuk cair. Pupuk padat diperdagangkan dalam bentuk onggokan, remahan, butiran, atau kristal. Pupuk cair diperdagangkan dalam bentuk konsentrat atau cairan. Pupuk padatan biasanya diaplikan ke tanah/media tanam, sementara pupuk cair diberikan secara disemprot ke tubuh tanaman.
    Pupuk berdasarkan kandungannya
    Terdapat dua kelompok pupuk berdasarkan kandungan: pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk tunggal mengandung hanya satu unsur, sedangkan pupuk majemuk paling tidak mengandung dua unsur yang diperlukan. Terdapat pula pengelompokan yang disebut pupuk mikro, karena mengandung hara mikro (micronutrients). Beberapa merk pupuk majemuk modern sekarang juga diberi campuran zat pengatur tumbuh atau zat lainnya untuk meningkatkan efektivitas penyerapan hara yang diberikan.
    Sejak empat tahun silam, pemerintah menggalakkan pemanfaatan pupuk majemuk. Apa sih kelebihannya dibandingkan pupuk tunggal yang sudah lama dikenal petani?
    Petani umumnya lebih biasa menggunakan pupuk tunggal, yaitu pupuk yang hanya mengandung satu jenis hara saja. Misalnya, Urea hanya mengandung hara nitrogen (N). SP-36 hanya dipentingkan fosfat (P)-nya saja, tapi sebetulnya juga mengandung sulfur (S). Atau KCl yang diutamakan sebagai sumber kalium (K).

    http://pupukmajemuklengkap.blogspot.com/

  73. daniel doloksaribu mengatakan:

    ada berapa distributor di medan tolong balas secepat nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s