zat – zat kimia apa saja yang terdapat dalam tanah

Latar Belakang

Suatu zat kimia dapat berupa suatu unsur, senyawa, atau campuran senyawa-senyawa, unsur-unsur, atau senyawa dan unsur. Sebagian besar materi yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu bentuk campuran, misalnya air, aloy, biomassa, dll.

Zat kimia adalah semua materi dengan komposisi kimia tertentu  Sebagai contoh, suatu cuplikan air memiliki sifat yang sama dan rasio hidrogen terhadap oksigen yang sama baik jika cuplikan tersebut diambil dari sungai maupun dibuat di laboratorium. Suatu zat murni tidak dapat dipisahkan menjadi zat lain dengan proses mekanis apapun. Zat kimia yang umum ditemukan sehari-hari antara lain adalah air, garam (natrium klorida), dan gula (sukrosa). Secara umum, zat terdapat dalam bentuk padat, cair, atau gas, dan dapat mengalami perubahan fase zat sesuai dengan perubahan temperatur atau tekanan.

Contoh zat – zat kimia yang mempunyai sifat beracun yaitu: Arsen trioksida, Asam oksalat :H2C2O4 2H2O, Kalium sianida :KCN, Karbon disulfide, kolkhisilin, Raksa ;Hg. Zat – zat kimia yang bersifat korosif ( dapat merusak kulit, ubin, kayu, keramik, kertas dll). Yaitu asam asetat, asam klorida, asam nitrat,asam sulfat, asam sitrat, dan fenol. Contoh zat – zat kimia yang mempunyai sifat mudah bereaksi dengan udara yaitu Natrium yang mudah teroksidasi oleh udara dan mudah bereaksi dengan air disimpan dalam botol yang berisi minyak tanah, fosfor yang mudah terbakar di udara disimpan dalam botol yang berisi air, air kapur dan air Barit yang mudah bereaksi dengan gas dari udara yidak dapat disimpan lama dan biasanya dibuat baru bila diperlukan , zat kimia yang yang bersifat Higroskopik yaitu Alumunim Klorida, Asam sulfat, Bismut (III) klorida, kalsium sianida ;KCN, Kalsium klorida KCL, Magnesim klorida, Natrium Klorida ;NaOH.

Tinjauan Pustaka

Senyawa merupakan suatu zat yang dibentuk oleh dua atau lebih unsur dengan perbandingan tetap yang menentukan susunannya. Sebagai contoh, air merupakan senyawa yang mengandung hidrogen dan oksigen dengan perbandingan dua terhadap satu. Senyawa dibentuk dan diuraikan oleh reaksi kimia.( Abynoel, 2008 )

Senyawa kimia yang merupakan substansi yang terdiri dari dua atau lebih berbagai elemen disimpan dlm gudang tetap bersama dalam massa rasio yang dapat menjadi bahan sederhana.(Anshory, 2003 )

Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait-mengait. Contoh Senyawa  adalah  Senyawa Oksigen / O2, Senyawa Air / H2O,  Senyawa Alkohol / C2 H5 OH,dan Senyawa Garam Dapur / NaCl (  Ebbing 2002 ).

Unsur adalah sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya. Jumlah ini disebut sebagai nomor atom unsur. Sebagai contoh, semua atom yang memiliki 6 proton pada intinya adalah atom dari unsur kimia karbon, dan semua atom yang memiliki 92 proton pada intinya adalah atom unsur uranium (Abynoel, 2009 )

Penamaan unsur telah jauh sebelum adanya teori atom suatu zat, meski pada waktu itu belum diketahui mana yang merupakan unsur, dan mana yang merupakan senyawa. Ketika teori atom berkembang, nama-nama unsur yang telah digunakan pada masa lampau tetap dipakai. Misalnya, unsur “cuprum” dalam Bahasa Inggris dikenal dengan copper, dan dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah tembaga. Contoh lain, dalam Bahasa Jerman “Wasserstoff” berarti “hidrogen”, dan “Sauerstoff” berarti “oksigen”.(Ebbing, 2002 )

Unsur adalah suatu zat yang sudah tidak bisa dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Contoh unsur  adalah : Unsur Emas / Au (Aurum), Unsur Nitrogen / N, Unsur Platina / Pt dan  Unsur Karbon / Carbon / C (Atkins PW, 2006)

Potasium sulfat  ( K2SO4) merupakan garam yang terdiri dari Kristal putih yang dapat larut dalam air. Tak mudah terbakar, bahan kimia ini biasanya digunakan dalam pupuk menyediakan potassium dan sulfat ,potassium sulfat juga merupakan  biproduk pada produksi asam senyawa.potasium sulfat adalah garam yang awalnya di kenal sebagai kombinasi garam asam dan garam alkalin. Dihasilkan sebagai biproduk dalam banyak reaksi kimia dan digunakan untuk disuling dari kainit namun prose situ telah ditinggalakan karean garam dapat dibuat cukup murah dari klorida dengan membusukkannya dengan belerang dan calcining residunya.

Kalium nitrat (KNO3) merupakan sumber alami nitrogen.nama umumnya termasuk sendawa(saltpetre/saltpetre) nama sendawa juga diterapkan pada natrum nitrat sumber utama Kalium nitrat  adalah defosit yang mengkristalisasikan dari dinding gua mengalirkan bahan organik yang membusuk. Tumpukan kotoran juga sumber umum yang utama ammonia dari dekomposisi urea dan zat nitrogen lainnya melalui oksidasi bakteri untuk memproduksi nitrat. Kalium nitrat juga digunakan sebagai pupuk, sebagai model bahan pembakar rocket, dan dalam beberapa petasan seperti bom asap, yang mana campurannya dengan gula memproduksi jelaga asap 600 kali dari volumenya sendiri. Dalam proses pengawetan makanan,kalium nitrat merupakan komposisi umum dari daging yang diasingkan. Kalium nitrat juga komponen utama penghilang punting juga digunakan dalam pembutan es krim (Abynoel, 2008).

Ammonium kloridat (NH4Cl) merupakan garam yang berasal dari asamkuat dan basa lemah, salah satu senyawa asam halide yang memiliki kegunaan sebagai elektrolit pengisi baterai (Anshory,  2003).

One comment on “zat – zat kimia apa saja yang terdapat dalam tanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s